MASIGNCLEAN104

Tips Persiapan Wawancara Kerja

Panggilan wawancara kerja merupakan momen yang sangat dinanti oleh pencari kerja, terutama mereka parafresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Sebagai seorang awam, kita tidak harus tampil amatir dalam wawancara kerja pertama kita.

Kunci utama untuk berhasil dalam wawancara kerja pertama kita adalah pada tahap persiapan. Nah, apa saja yang harus kita persiapkan? Berikut tips dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja.

Cari tahu tentang perusahaan

Pelamar kerja akan mengesankan calon perusahaan jika memiliki pengetahuan luas dan mendalam mengenai perusahaan. Sebelum jadwal wawancara, cari tahu tentang sejarah, jumlah karyawan, visi misi perusahaan, dan berbagai informasi lainnya yang dapat diakses melalui situs perusahaan tersebut. Sebutkan beberapa informasi tersebut saat wawancara sehingga dapat memberi kesan positif bagi pewawancara karena Anda menyempatkan diri memperkaya pengetahuan tentang seluk-beluk perusahaan tersebut sebelum wawancara.


Tingkatkan kemampuan Anda

Jika Anda merupakan lulusan sebuah program studi spesifik tertentu, maka penting bagi Anda untuk menjaga pengetahuan dan keterampilan Anda di bidang tersebut tetap up date. Misalnya, Anda adalah seorang lulusan Teknik Informatika. Maka saat wawancara Anda harus siap untuk menghadapi pertanyaan seputar bidang studi itu seperti kode, bahasa komputer, dan pemrograman. Bahkan, Anda harus siap jika dalam wawancara kerja itu diminta membuat sebuah contoh program. Sementara, bagi Anda lulusan program studi Psikologi, Anda harus bersiap untuk menjawab pertanyaan mengenai sebuah studi kasus yang berkaitan dengan jurusan yang Anda pelajari serta bagaimana Anda mengatasi persoalan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap mempersiapkan diri dengan baik untuk memamerkan kemampuan Anda.

Membawa CV

Pihak pewawancara tentu sudah memegang salinan resume Anda, namun ada baiknya Anda tetap membawa CV. Selain CV, bawalah pula berbagai dokumen maupun portofolio pendukung prestasi dan kemampuan Anda di hadapan pewawancara.

Latihan
Mintalah bantuan dari orangtua maupun teman Anda untuk simulasi wawancara. Latihan ini akan membantu Anda siap ketika hari H. Sebab, saat wawancara sesungguhnya, Anda harus berpikir cepat dan tentunya dengan jawaban yang tepat.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam wawancara kerja, yaitu :

- Mengapa Anda yakin Anda adalah kandidat tepat untuk pekerjaan ini?
- Dalam cara apa Anda dapat menjadi aset bagi perusahaan?
- Apa yang menjadi tujuan karier Anda?
- Deskripsikan arti kesuksesan bagi Anda

pak ada yang lebih buruk daripada datang terlambat saat wawancara kerja. Pastikan Anda datang tepat waktu untuk dapat mempersiapkan diri. Jika Anda berubah pikiran untuk menghadiri wawancara kerja tersebut beritahukan pihak perusahaan dan membatalkan janji temu tersebut. Jadilah profesional sehingga menjadikan Anda kandidat potensial yang dicari perusahaan.

Selamat mencoba, semoga sukses!
Share This :