MASIGNCLEAN104

5 Tips Menangani Bayi Yang Rewel

Seorang bayi yang rewel bisa menghancurkan tidur dan kedamaian ibu baru!
Teriakan pertama bayi Anda, tidak diragukan lagi adalah pengalaman yang mendebarkan. Tapi saat bayi Anda menangis tanpa henti dan tanpa sebab yang jelas, hal itu akan membuat frustasi pada orang tua baru. Terkadang, Anda mungkin tidak sepenuhnya memahami alasan di balik tangisannya dan Anda tidak dapat menemukan solusinya untuk menenangkan si buah hati. Untuk membantu Anda memahaminya, kami telah mengumpulkan beberapa taktik "bisikan bayi" yang efektif dalam artikel ini untuk Anda.

Alasan Paling Umum Untuk bayi yang Rewel:

Semuanya baru untuk bayi Anda. Setelah kehangatan yang didapatnya saat di rahim, dunia saat kita tinggal di dalamnya mungkin terasa aneh dan dingin baginya dan beberapa bayi mungkin butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri. Ini hanyalah salah satu alasan mengapa bayi Anda bisa rewel tentang waktu tidur atau makannya. Berikut adalah beberapa penyebab bayi rewel yang pada umum:

1. Gas:


Gas adalah masalah yang umum terjadi pada bayi, karena nutrisi utamanya adalah susu. Maka itu sangat penting setelah selesai menyusui membuat bayi Anda bersendawa. Jika dia tidak bersendawa, hal itu bisa menyebabkan gas di perut bayi membuatnya merasa tidak nyaman. Jika Anda memperhatikan rewelnya bayi Anda menderita dikarenkan gas, cobalah langkah-langkah berikut:

  • Gendong bayi menghadap punggung anda. dan usap-usap punggung bayi
  • Letakkan dia kembali dan gerakkan kakinya dengan gerakan mengayuh sepeda.
  • Anda juga bisa memberinya beberapa tetes obat yang bisa meredakan gasnya yang terperangkap (harus mendapatkan saran dari dokter).

2. Colic:

Terkadang colic bisa menjadi alasan bayi menjadi rewel. Colic diamati pada sekitar seperlima bayi, biasanya sekitar 2 minggu sampai 4 bulan. Bayi colic akan menangis tanpa henti selama tiga jam atau lebih dalam sehari selama beberapa hari dalam seminggu. Jika anak Anda colic, gendonglah bayi anda dan ayunkan maju mundur. Colic ini akan terjadi pada bayi hingga 3 bulan, jika lebih dari itu segeralah bawa anak anda kedokter anak.


3. By Nature:

Beberapa anak pada dasarnya gelisah dan cenderung rewel. Jika anak Anda termasuk dalam kelompok ini, tarik napas dalam-dalam! Tidak ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melakukannya, kecuali bersikap sabar dan lembut terhadap mereka (dan pada diri Anda sendiri!) Dan pastikan mereka merasa nyaman setiap saat. Jangan kehilangan kesabaran, dan pastikan Anda selalu menenangkan bayi Anda yang rewel, meskipun perilakunya yang sangat rewel! Sabar adalah kuncinya, karena ini juga akan berlalu. Anak Anda akan segera tumbuh lebih besar dan temperamen Anda kemungkinan besar akan berubah menjadi lebih baik.

4. Kelaparan:

Ada kalanya, saat perut bayi Anda tidak kenyang dan dia menangis karena kelaparan. Hal ini terjadi ketika Anda berada di luar untuk waktu yang lama dan bayi Anda telah kelelahan dan mungkin merasa lapar. Jadi perhatikanlah selalu jam makan bayi anda, jika Anda sedang menyusui, tawarkan ASI atau susu formula (jika dia memakai susu formula). Jika anda sulit menerapkan jadwal makan bayi berdasarkan buku panduan anda, mungkin anda butuh aplikasi serupa mengenai penjadwalan makan bayi pada handphone anda agar anda mudah.

5. Issue Diapers:

Anda harus terbiasa untuk memeriksa popok bayi Anda setiap kali dia menangis terus menerus. Air kencing bayi Anda, dikombinasikan dengan bakteri di tinja, bisa menyebabkan ruam popok, yang mungkin menjadi penyebab rewelnya. Secara umum, para ahli menyarankan popok bayi untuk diganti setiap 2-3 jam (meski masih bersih). Untuk hasil terbaik, gunakan popok kain di siang hari, yang bisa dengan mudah diganti, dicuci dan digunakan kembali.

Tips Menangani Bayi yang Rewel:

1. Memeluknya dengan cinta:

Anda harus belajar memeluk dan membelai bayi Anda sedemikian rupa dan meninabobokan bayi dengan berpikir bahwa sekarang dia berada dalam rahim yang nyaman. Jaga lengannya di dalam pelukan untuk membatasi gerakan dan biarkan dia merasa nyaman dalam kehangatan selimut atau lengan Anda selama beberapa menit. Ini akan membuat keajaiban bagi bayi Anda yang rewel. Tapi pastikan Anda belajar membuai/mengayunkan dengan cara yang benar, sehingga Anda tidak melakukan hal yang menyakitkan yang tidak disengaja pada anak Anda!
Terkadang beberapa bayi lebih nyaman berada di tangan ayah mereka yang kuat karena lengannya bisa mengayunkannya lebih cepat dan memeluknya lebih erat. Jadi, beri diri Anda istirahat dan mintalah bantuan suami Anda untuk menenangkan bayi Anda yang rewel.

2. Keluarkan Suara:

Saat si kecil Anda berada di dalam rahim Anda, dia terus mendengarkan suara detak jantung Anda. Di lingkungan tidur yang khas, bayi dibuat untuk tidur di kamar yang sunyi. Meskipun berpengaruh untuk banyak orang, ini mungkin tidak ideal untuk beberapa bayi "yang mencintai suara" lainnya. Jika bayi Anda termasuk dalam kategori ini, cobalah metode berikut ini:
  • Berikan bayi suara yang lembut dan merdu dengan volume rendah saat tidur siang
  • Nyanyikan lagi nina bobo atau lagu-lagu yang anda hafal dengan suara lembut 
  • Suara hujan atau deburan ombak cukup membantu untuk menenangkan si kecil

3. Ajak lah jalan-jalan:

Jika bayi Anda rewel dan  menangis, bawalah dia untuk berjalan-jalan yang bisa mengalihkan perhatian dan menenangkannya. Beberapa bayi akan merasa nyaman karena bayi akan lebih banyak melihat dan membantu mereka menikmati lingkungan sekitar. Mereka bahkan bisa tertidur sambil berjalan!

Saat seperti ini kereta dorong cukup membantu, sementara menggendong bayi dengan kain dapat menawarkan kehangatan tubuh yang sangat dibutuhkan pada bayi Anda yang rewel. Taman adalah tempat terbaik untuk dikunjungi, hindari jalan dan berjalan di bawah terik matahari. Pastikan Anda mengambil semua yang dibutuhkan untuk berjalan-jalan dengan bayi Anda, termasuk telepon yang terisi penuh baterai.

4. Pijatan pada bayi

Pijat bayi adalah cara yang bagus untuk menenangkan bayi Anda. Memijat akan membantu meringankan otot tubuhnya dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuhnya. Bayi Anda akan menikmati pijatan pada tubuh karena membantu tidur dengan tenang. Jauhkan ponsel Anda dalam mode diam sebelum membuatnya tidur dan beri dia lingkungan yang tenang.

Jika memungkinkan, jadikan ini sebagai latihan rutin dalam jadwal bayi Anda, karena pijat bayi seharusnya memiliki manfaat yang bagus pada seorang anak. Anda dapat melakukan pemijatan sendiri, atau meminta orang tua atau orang yang berpengalaman atau bahkan menyewa pengasuh profesional untuk melakukannya.


5. Periksa selalu kenyamanan bayi

Seringkali, seorang anak menunjukkan ketidak nyamanan di tubuhnya atau sekitarnya. Periksa bajunya, kalau terlalu ketat, itu juga bisa menjadi alasan di balik kerewelan-nya. Pastikan bayi tidak memakai pakaian yang tidak pas. Di negara tropis seperti Indonesia, pakaian katun longgar selalu lebih baik.
Pastikan juga bayi Anda tidak alergi terhadap pakaian yang menutupi dirinya. Periksa serangga atau benjolan yang tidak rata di kasur.
Jelas, saat bayi Anda rewel, itu akan membuat Anda frustrasi, tapi ingat tidak mudah menjadi orang tua! Menumbuhkan anak  datang dengan tanggung jawab besar, jadi Anda harus bersabar. Kami juga mendorong Anda untuk berbicara dengan para orang tua dan ibu lainnya di keluarga atau lingkaran teman Anda, untuk mengurangi kepanikan Anda, dan berharap artikel yang dibahas di atas akan membantu Anda dalam menangani masalah dengan kerewelan bayi Anda. Jika bayi Anda masih terus menjadi rewel, terlepas dari semua tindakan ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak Anda.
Bagikan pengalaman atau tip Anda tentang cara menenangkan bayi yang rewel dengan kami.
Share This :