MASIGNCLEAN103

Tips Mencuci Pakaian Bayi Pada Orang Tua Baru

Bagi orang tua baru yang memiliki bayi tentu butuh pendamping atau pengalaman dari orang yang sudah biasa mengurus bayi. Orang tua baru akan mengalami kesulitan yang cukup serius dalam hal pertama kali mengurus bayi. Salah satunya mengenai mengurus pakaian bayi, dalam postingan ini akan memberikan tips bagaimana cara mencuci pakaian bayi yang benar dan tidak menimbulkan alergi pada bayi.

Mencuci pakaian bayi

Mencuci segala pakaian bayi yang baru sebelum bayi lahir

Mencuci baju bayi sebelum dipakai adalah hal yang harus dilakukan. Banyak pakaian bayi disemprot dengan desinfektan atau cairan anti jamur/rayap pada pakaian sebelum dikirim untuk memastikan baju-baju tersebut terlihat baru dan awet saat pendistribusian. Karena kulit bayi sensitif, pencucian baju bayi sebelum digunakan adalah hal wajib dan jangan ambil resiko terhadap bayi jika tidak dicuci.

Ingat, selain mencuci pakaian bayi Anda, Anda juga harus mencuci apapun yang akan menyentuh kulit bayi Anda termasuk selimut, bantal, seprai tempat tidur bayi, pakaian Ibu yang yang bersentuhan langsung dengan bayi, dan pakaian ayah yang bersentuhan dengan bayi.

Mencuci pakaian bayi jangan menggunakan sikat kasar seperti halnya mencuci celana jeans orang dewasa. Diusahakan mencuci menggunakan tangan karena jauh lebih efektif membersihkan nya dari pada menggunakan mesin cuci.





Jangan terlalu lama merendam pakaian bayi terlalu lama karena beberapa sifat detergen membuat bahan pakaian bayi menjadi lapuk dan kasar jika terlalu lama direndam.

Cara mempersiapkan Cuci Pakaian Bayi


Penting untuk mengetahui beberapa hal penting sebelum Anda menuangkan pakaian bayi ke dalam ember cuci atau mesin cuci.

1. Periksa label pakaian bayi untuk petunjuk mencuci

Jika pakaian bayi memiliki label, kemungkinan besar pakaian bayi tersebut memiliki petunjuk mengenai perawatan cuci seperti suhu air, cuci tangan atau menggunakan mesin , dan banyak lagi. Pabrikan baju bayi sering memasukkan langkah-langkah mencuci pakaian yang benar, aman untuk bayi yang sangat membantu dalam proses perawatan mencuci pakaian bayi.

2. Pilih detergen yang tepat

Banyak orang tua yang mencuci pakaian bayi mereka dengan detergen biasa. Menurut Penelitian dari American Academy of Pediatrics mengatakan bahwa selama bayi tersebut tidak memiliki alergi atau iritasi setelahnya, jika tidak masalah dengan bayi anda tidak ada salahnya menggunakan detergen biasa.

Selain itu, detergen bayi biasanya tidak menghilangkan noda dengan benar. Anda bisa memilih detergen biasa tanpa menambahkan warna, jangan gunakan pelembut kain karena pelembut kain dapat mengurangi efek dari detergen bayi serta dapat juga mengiritasi kulit bayi anda.

3. Pisahkan pakaian bayi

Jangan mencampurkan pakaian bayi dengan pakaian rumah tangga lainnya. Cuci mereka secara terpisah untuk mencegah kotoran dari pakaian lain ke pakaian bayi. Hindari mencuci pakaian bersamaan untuk menghindari iritasi atau alergi yang dibawa oleh pakaian lain pada pakaian bayi.

Cara Mencuci baju bayi dengan menggunakan Tangan


Jika dalam petunjuk label pada pakaian bayi direkomendasikan mencuci dengan menggunakan tangan atau hanya karena suka mencuci pakaian dengan menggunakan tangan. berikut tips yang dianjurkan :

Pilih suhu air

Isi bak atau ember cuci dengan kadar air yang diinginkan. Pilih suhu sesuai dengan anjuran pada label pakaian. Jika tidak ada petunjuk, maka anda bisa mencuci dengan suhu air biasa atau dingin. Air hangat sangat ideal untuk mencuci popok kain dan pakaian dalam bayi karena membantu menghilangkan bau tak sedap dan kuman. Untuk pakaian biasa, suhu air dingin/ suhu ruang sudah cukup.

Tambahkan detergen yang sesuai

Tambahkan jumlah detergen yang disarankan atau yang diinginkan, masukan terlebih dahulu detergen kedalam air sebelum pakaian serta aduk detergen dengan air agar berbuih. Tutup ritsleting apapun, susun masing-masing kain satu persatu dan kucek perlahan pada pakaian, terutama di area yang memiliki noda. Jangan meregangkan kain karena dapat merusak nya. Sebagai gantinya, putar dengan lembut sehingga setiap bagian kain dibersihkan.





Rendam pakaian untuk membersihkan lebih baik

Rendam pakaian selama beberapa menit dan kemudian keluarkan dari air sabun. Bersihkan pakaian lalu bilas ke dalam ember air bersih. Ulangi proses pembilasan sampai tidak ada sabun yang tertinggal pada pakaian.

Keringkan pakaian bayi

Dengan sangat lembut, peras pakaian untuk memeras air keluar. Jemur pakaian di tempat sirkulasi udara yang baik namun tidak terkena sinar matahari langsung, karena dapat merusak pakaian bayi. Anda bisa mengeringkan popok kain bayi atau pakaian dalam dibawah sinar matahari langsung karena sinar matahari langsung merupakan desinfektan alami.

Mencuci pakai dengan menggunakan tangan memastikan anda membersihkan noda disetiap bagian dari pakaian. Jika anda tidak ingin lelah dan menghemat waktu, maka anda bisa mencuci dengan menggunakan mesin cuci.

Cara mencuci pakaian bayi dengan mesin cuci

Anda bisa mencuci pakaian bayi dengan menggunakan mesin cuci. Begini cara melakukannya :

Singkirkan noda yang terlihat

Carilah noda yang menurut anda sulit dihilangkan pada pakaian, sebelum memasukan kedalam mesin cuci anda dapat mengucek atau menggosok bagian noda yang sulit tersebut dengan menggunakan detergen cair atau pasta untuk mengurangi atau menghilangkan noda sulit tersebut.

Pilih ukuran level air pada mesin cuci dan tambahkan detergen

Letakkan pakaian di mesin cuci dan pilih tingkat air yang diinginkan. Anda bisa menggunakan air hangat atau air dingin, dan menambahkan detergen yang sama dengan yang anda gunakan saat mencuci pakaian. Jangan menambahkan pemutih atau pelembut pakaian.

Pilih mode pencucian

Pilih mode pencucian dan biarkan mesin melakukan sisa pembersihan pada pakaian. Anda dapat memiliki mode siklus 'soft' pada panel mesin cuci untuk mencuci dengan lembut. Setelah pencucian selesai selanjutnya adalah pembilasan pakaian dari sisa-sisa sabun. Jika anda memiliki mesin cuci yang canggih akan ada siklus ‘spin’ yang memancarkan air untuk membilas dan memutarnya untuk mengeluarkan air sabun. Dan bisa melakukan ‘spin’ berkali-kali untuk memastikan terbebas dari air detergen. Setelah selesai anda bisa mengeringkan pakaian seperti yang anda lakukan pada tahap pencucian dengan tangan.

Ingat, seprai dan serbet bayi anda bisa cuci dengan cara yang sama seperti pakaiannya.

Dapatkah saya menggunakan pelembut kain dan lembar pengering

Pelembut kain adalah cairan yang ditambahkan selama proses pencucian untuk melembutkan bahan kain. Lembar pengering adalah lembaran kertas berukuran tisu yang diletakkan dengan pakaian di pengering listrik untuk mencegak listrik statis dan melembutkan pakaian juga.

Pelembut kain dan lembaran pengering menggunakan bahan kimia, yang bisa mengiritasi kulit sementara keharumannya bisa mengganggu bayi. Pakar medis tidak menyukai pelembut kain dan lembaran pengering karena kulit bayi rentan terhadap iritasi dan alergi.

Cara membasmi kuman pada baju bayi

Untuk menghilangkan kuman pada pakaian bayi bisa menggunakan bahan rumah tangga seperti cuka. Air panas dan sinar matahari juga menghilangkan kuman dari pakaian bayi. Anda mungkin ingin mendisinfeksi semua pakaian, tapi popok kain dan pakaian dalam bayi adalah pakaian yang sangat memerlukan desinfeksi. Inilah cara anda bisa menjaga pakaian bayi anda bebas dari kuman :

Desinfeksi sebelum mencuci : Cobalah menghapus sebanyak mungkin noda dari pakaian kering dengan mengoresnya. Tambahkan beberapa sendok teh cuka biasa ke ember air dan rendam kain itu selama 30-40 menit. Cuka berfungsi sebagai penghapus bakteri alami dari noda. Setelah direndam, cuci pakaian dengan cara biasa  dengan menggunakan tangan atau mesin cuci. Mencuci akan menghilangkan cuka sekaligus menghilangkan bau sisa. Anda juga bisa menggunakan cairan desinfektan lain yang diencerkan dalam air.

Desinfeksi pasca cuci : tambahkan cairan desinfektan biasa ke seember air. Dan rendam pakaian bekas dicuci selama beberapa menit atau seperti yang diinstruksikan pada botoh desinfektan. Bilas pakaian dengan air bersih sebelum mengeringkannya. Gunakan disinfektan yang aman untuk bayi dan tidak meninggalkan bau. Jangan menggunakan cuka untu disinfeksi pasca cuci karena membilasnya dengan air saja tidak menghilangkan baunya.

Menggunakan air panas dan sinar matahari : membasmi kuman pada pakaian dengan air panas hal yang sangat aman. Rendam pakaian dalam air panas selama sepuluh menit sampai lima belas menit sebelum anda mencuci pakaian dengan cara biasa anda lakukan. Anda juga bisa mengeringan pakaian dibawah sinar matahari langsung dan membiarkannya berada disana untu beberapa lama.

Bagaimana jika bayi saya memiliki alergi kulit

Jika bayi anda memiliki alergi kulit atau menderita eksim atau dermatitis,  maka anda harus berhati-hati dalam mencuci pakaiannya. Berikut beberapa hal yang anda perlu ketahui:

Gunakan detergen khusus bayi : Gunakan hanya deterjen untuk mencuci pakaian bayi. Pilihlah varian deterjen bayi yang diinformasikan untuk kulit ekstra sensitif atau khusus dibuat untuk bayi dengan masalah kondisi kulit.

Gunakan detergen cair jika alergi ringan : Jika alergi atau kondisi kulit ringan, gunakan detergen cair biasa karena mudah membilasnya lebih mudah dari pada bubuk. Ada sedikit kesempatan untuk menemukan residu detergen pada pakaian untuk mencegah iritasi pada kulit.

Gunakan hanya air panas dan sinar matahari untuk disinfeksi : Air panas dan sinar matahari adalah desinfektan kain terbaik untuk bayi dengan kulit sensitif karenasecara alami bebas dari bahan kimia.

Cuci pakaian si kecil anda, terutama popok dan pakaian dalam, secara berkala. Menjaga pakaian bayi anda bersih adalah salah satu cara agar dia terlindungi dari kuman dan penyakit.
Share This :