MASIGNCLEAN104

6 Tips Cara Sederhana Membuat Bayi Anda Pintar Dan Cerdas

Apakah Anda orang tua yang menginginkan bayi Anda pintar dan cerdas? Apakah Anda mencari cara mudah dan praktis yang akan membantu menyalurkan energi bayi Anda untuk mengembangkan kecerdasannya secara maksimal?

Dengan beberapa ide dan tips praktis yang menyenangkan, Anda bisa membantu bayi Anda pintar, cerdas dan kreatif. Dengan menggunakan hal-hal sehari-hari dan beberapa kiat mengasuh cerdas, Anda juga bisa melakukan hal itu. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat merangsang indra bayi Anda untuk mencapai hal ini!


Cara Menyenangkan Dan Praktis Membuat Bayi Anda Pintar dan Cerdas:

Otak bayi Anda akan berkembang melalui berbagai pengalaman dan latihan. Indera sentuhan, bau, penglihatan, suara dan rasa juga akan membantu proses perkembangan ini. Anda perlu mulai dengan memberi bayi Anda pengalaman sensorik yang berbeda sejak usia dini, untuk membantunya mengidentifikasi dan membedakan sesuatu. Pengembangan keterampilan kognitif dan motoriknya akan membantu Anda mengetahui cara membesarkan bayi yang cerdas.

Berikut adalah beberapa tip praktis yang akan membantu Anda membuat bayi Anda cerdas:

1. Hindari TV

American Academy of Pediatrics menekankan bahwa orang tua seharusnya tidak membiarkan bayi dan balita mereka menonton TV. Waktu TV yang konstan tidak akan memberikan stimulasi pada otak bayi Anda. Ini agak mengganggu kemampuan kognitif bayi Anda dan menghabiskan waktu penting yang dapat Anda manfaatkan untuk pengembangan kecerdasannya. Jadi, alih-alih membiarkan anak Anda menonton TV, gunakan waktu untuk melibatkan bayi Anda dalam beberapa aktivitas fisik yang mengharuskannya untuk bergerak dan berpikir. Permainan sederhana tangkap bola atau petak umpat dengan benda dan memainkannya akan meningkatkan kemampuan koordinasi bayi Anda saat bersenang-senang.

2. Berinteraksi Lagi Dengan Bayi Anda

Menurut ilmuwan, interaksi konstan dengan bayi Anda bisa sangat memperbaiki perkembangan otaknya. Cuddling, bermain dan mengekspresikan cintamu pada bayinya akan merangsang otaknya. Bila Anda berinteraksi lebih banyak dengan bayi dan ikatan Anda secara emosional, ini membantu perkembangan kemampuan berpikir bayi Anda. Ini juga akan membuat bayi Anda lebih aman dan percaya diri.







Ajaklah selalu bercanda dengan bayi anda, ciumi bayi anda hingga tertawa lepas sesering mungkin ajak interaksi Anda ke bayi dan ajak lah berbicara dan dengar kan suara-suara aneh yang anda bisa keluarkan dari mulut atau anggota tubuh agar bisa selalu berinteraksi.

3. Menyusui Bayi Anda langsung

Studi menunjukkan bahwa bayi yang mendapat ASI akan memiliki tingkat IQ setidaknya lima persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak diberi ASI. Pastikan Anda hanya menyusui bayinya sejak lahir hingga usianya enam bulan. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk terus menyusui anak Anda saat melengkapi makanannya dengan makanan sehat dan bergizi lainnya sampai usia dua tahun.

Jika Anda mengalami kendala dalam memberikan ASI atau keterbatasan ASI, dapat dilakukan dengan susu formula. Alangkah lebih baiknya dibarengi dengan ASI yang diberikan secara langsung dan pancing terus untuk menyusui agar ASI akan terproduksi lebih banyak. Pemberian ASI secara langsung sangat bagus sekali untuk mendekatkan emosional serta interaksi antara Ibu dan Bayi. Sebisa mungkin pemberian ASI secara langsung walaupun itu susah.

4. Musik Dapat Meningkatkan Memori, Perhatian Dan Pembelajaran Anak Anda

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan rentang perhatian bayi Anda dan meningkatkan ingatannya. Memperkenalkan anak Anda ke alat musik akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir proporsionalnya. Mempelajari musik memupuk penalaran spasialnya dan temporal dan mengembangkan kemampuan numeriknya di kemudian hari. Sementara penelitian mungkin menyarankan untuk memulai dengan piano, Anda bisa mengenalkan bayi Anda ke instrumen apa pun, sebaiknya satu senar.

Anda akan mendapatkan keajaiban jika selama kehamilan bayi anda diperdengarkan musik saat didalam kandungan, saat sudah mendengar dengan baik diusia tiga sampai empat bulan setelah lahir cobalah dengarkan kembali lagu-lagu saat masa kehamilannya. Anda akan mendapatkan ekspresi dari wajah bayi anda.







 5. Perkenalkan Bayi Anda Dini Ke Dunia Buku

Tidak pernah terlalu dini untuk mengenalkan bayi Anda pada kegembiraan membaca. Sejak bayi Anda berumur beberapa bulan, Anda bisa membacakannya dari buku atau koran yang Anda baca. Ucapkan kata-kata itu sehingga bayi Anda bisa mendengarnya, tekankan pengucapannya. Anda bisa mengenalkan buku papan dengan gambar menarik untuk anak Anda saat ia tumbuh lebih tua. Baca cerita dan sajak. Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kosa kata bayi Anda dan mengenalkannya pada hal-hal yang ada di dalam rumah maupun di luar dunia.

6. Ciptakan Tantangan Bagi Bayi Anda

Anda harus selalu memberikan tantangan yang menarik bagi bayi Anda dengan aktivitas yang sesuai dengan usia. Gunakan benda seperti balok, bola dan bentuk untuk membuat permainan seru di rumah. Anda bisa mengajari bayi Anda untuk mengidentifikasi angka atau bentuk dan warna melalui aktivitas sederhana. Bawa dia ke kebun untuk mengajarinya tentang burung dan tumbuhan.

Memimpin dengan teladan adalah salah satu cara terbaik untuk mengajar bayi Anda. Secara teratur lakukan hal-hal tersebut yang Anda inginkan agar bayi Anda mendapatkan kecerdasan lebih. Membaca, menulis, memainkan alat musik, berjalan, menghabiskan waktu dengan alam, bermain olahraga. Libatkan bayi Anda dalam kegiatan belajar yang menyenangkan dan buatlah ikatan dengannya.

Share This :