MASIGNCLEAN104

6 Fakta Mengenai Ibu yang Menyusui

Proses melahirkan anak benar-benar merupakan perasaan yang luar biasa. Meski, ada banyak tahapan dalam proses kehamilan dan persalinan dimana seorang wanita harus menjalani banyak perubahan fisik. Selama kehamilan, anak tersebut memperoleh nutrisi penting dari ibu dan setelah melahirkan melalui ASInya. Salah satu nutrisi terpenting yang digunakan selama fase ini adalah kalsium. Karena itu, pentingnya asupan kalsium setelah melahirkan tidak bisa diabaikan oleh ibu.
Di bawah ini kita akan membahas fakta mengapa kalsium merupakan nutrisi penting selama menyusui.



6 Fakta yang Mungkin Tidak Anda Ketahui!


1. Peningkatan Kebutuhan Kalsium

Kebanyakan wanita hamil dan menyusui di Indonesia memiliki asupan kalsium yang cukup rendah. Kurangnya kesadaran akan kebutuhan kalsium serta tidak ada pengetahuan mengenai kebutuhan kalsium pasca melahirkan dan menyusui membuat sang ibu kekurangan asupan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Dalam sehari untuk ibu menyusui dibutuhkan 1200mg kalsium, rata-rata ibu hanya mengkonsumsi 400mg. selain dari makanan untuk kebutuhan kalsium bisa juga di dapat dari suplement untuk menutupi kebutuhan kalsium yang cukup besar bagi ibu hamil.


2. Kebutuhan Kalsium pada Bayi

Bayi membutuhkan 200-300 mg kalsium setiap hari dari ASI selama enam bulan pertama. Kalsium ini penting untuk membantu bayi mengembangkan tulang dan gigi yang kuat. Gigi dan tulang terdiri dari 99% kalsium tubuh.


3. Kehilangan Kalsium Pasca melahirkan lebih tinggi

Kehilangan kalsium empat kali lebih tinggi selama sembilan bulan menyusui dari pada selama kehamilan. Hilangnya kepadatan mineral tulang ini bisa dicegah dengan asupan kalsium.


4. Kalsium Hilang Setiap Hari

Sebagai ASI eksklusif adalah suatu keharusan bagi bayi, banyak kalsium hilang dari tubuh ibu setiap hari. Seorang wanita menyusui bisa kehilangan 200-300 mg per hari selama menyusui.


5. Asupan Kalsium yang memadai adalah suatu keharusan

Asupan kalsium yang cukup dengan ibu menyusui sangat penting untuk kalsium susu kaya kalsium dan untuk pencegahan osteoporosis yang merupakan kondisi medis yang disebabkan karena kekurangan kalsium.


6. Hilangnya masa tulang

Tubuh seorang ibu harus bekerja lembur untuk memenuhi persyaratan menyusui. Seiring penelitian menunjukkan bahwa wanita sering kehilangan 3 sampai 5% massa tulang mereka selama enam bulan menyusui untuk memenuhi kebutuhan kalsium bayi yang meningkat, makanan seorang ibu penting untuk makanan bayi.

Share This :