MASIGNCLEAN104

10 Alasan Kenapa Bayi Terbangun Di Malam Hari

Saat-saat bayi baru lahir hingga tahun pertama adalah hal terberat bagi orang tua baru terutama Ibu. karena bayi pada masa ini sering sekali terbangun dimalam hari. Apa lagi jika anda seorang pekerja atau lelah seharian mengurus rumah tetapi pada malam hari anda harus siaga.

Apakah bayi Anda juga bangun tiba-tiba di tengah malam meski usaha terbaik Anda untuk menghindarinya? Jika Anda masih tidak mengerti mengapa hal ini bisa terjadi, baca terus untuk mengetahui apa yang menyebabkan hal itu terjadi



Mengapa Bayi Bangun di Malam Hari?


Berikut adalah beberapa alasan yang sangat umum yang bisa menyebabkan bayi tiba-tiba terbangun di malam hari:

  1.  Jika bayi Anda merasakan suhu udara yang terlalu panas atau dingin
  2. Jika ada cahaya mengganggu yang mempengaruhi tidur bayi Anda
  3. Jika ada suara mendadak yang mempengaruhi bayi di malam hari
  4. Jika bayi Anda baru saja sakit
  5. Jika ada perubahan pada rutinitas bayi Anda, seperti liburan
  6. Jika bayi Anda baru saja belajar mengenai hal baru atau keterampilan perkembangan dan mencobanya di malam hari
  7. Jika bayi Anda hendak mencapai tonggak sejarah baru
  8. Jika bayi Anda terbiasa tidur dengan botol atau dot
  9. Jika bayi Anda terbiasa tidur dengan gerak goyang atau berayun
  10. Jika bayi Anda tidak diberi makan dengan benar sebelum tidur

Bagaimana cara mencegah bayi terbangun di malam hari?

Apakah bayi Anda selalu terbangun di tengah malam dan ingin mengubah kebiasaan terbangun malam. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk menghindari bayi terbangun di malam hari dan memastikan tidur yang nyenyak sepanjang malam:

1. Suhu dan Pakaian bayi

Pastikan suhu di kamar bayi Anda nyaman. Seharusnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk bayi Anda. Jika anda menggunakan AC atau pendingin ruangan maka suhu yang baik dan nyaman disekitar 25 hingga 26 derajat. Bayi akan merasa nyaman dengan suhu ini dan berilah selimut untuk memberikan rasa hangat dan menghindari gigitan serangga seperti nyamuk
Baju bayi Anda sesuai dengan cuaca dan suhu di dalam ruangan. Jika anda menggunakan pendingin ruangan kenakanlah baju berlengan, celana panjang hingga kaus kaki pada bayi anda.

Sebisa mungkin anda membuat suhu ruangan yang menurut anda nyaman dan pastinya bayi anda nyaman.


2. Pertahankan Rutinitas

Coba buat kebiasaan pada bayi anda semisalnya jika pada siang hari biarkan dia bermain atau bercanda dengan anda, buat suasana bising atau sedikit gaduh seperti suara telivisi, suara mesin pompa air, blender dan lain-lainnya. Suara-suara dan aktifitas itu akan menandakan jika itu siang.

Jika malam tiba dan waktu tidur sebisa mungkin buat suasan sunyi , kurangi penggunaan lampu dan membiasakan diri untuk tidak bercanda dimalam hari.

3. Perut yang kenyang

Jika bayi Anda kenyang sebelum tidur, kemungkinan terbangun di tengah malam akan lebih rendah. Pastikan bayi Anda memiliki makan malam yang sehat dan kenyang sebelum tidur. Makan sehat juga penting sepanjang hari karena masalah perut juga bisa menjadi penyebab tidurnya yang terganggu. Jika bayi Anda tertidur tanpa makan atau menyusu, Anda mungkin mencoba untuk membangunkan bayi dengan dengan lembut memanggil namanya.

4. Hentikan bermain tengah malam

Hindari bermain, berbicara, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan dengan bayi Anda pada jam-jam ganjil. Jika bayi Anda mulai bosan, kemungkinan dia terjatuh kembali tidur lebih cepat akan lebih. Cukup berada di sana bersama si kecil sehingga ia merasa tenang dan bisa kembali tidur.


Semoga sekarang Anda jelas mengapa bayi terbangun di malam hari. Jangan terlalu khawatir tentang aktivitas nokturnal bayi. Ingatlah bahwa bangun di tengah malam dibatasi hanya untuk beberapa tahun pertama bayi Anda saja. Sementara kebanyakan bayi belajar tidur sepanjang malam pada suatu waktu di tahun pertama itu sendiri, orang lain mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama.


Share This :