MASIGNCLEAN103

Tips Memilih dan Membeli Ayam Kampung Kualitas Baik dan Buruk Jika Sudah Dipotong



Sedikit yang saya tau tentang ayam kampung bila memang harus membeli yang sudah dipotong, karna agak sulit membedakan ayam kampung yang kualitas baik dan buruk bila sudah dipotong. Berikut adalah pointnya kita diskusikan secara ilmu kesehatan dapur :

1. Ayam kampung itu pada dasarnya memiliki daging yang keras (bukan berarti keras semua),tetapi keras dalam konteks pembulu darah dan urat yang ada didalam ayam tsb menjadi "kencang" karna ayam kampung berbeda dengan ayam ternak.

Jadi perhatikan dahulu dalam konteks dagingnya,daging ayam kampung yang baik adalah saat ditekan dia akan terasa kencang dan bekas pencetan jari akan cepat kembali. Mengapa demikian.? Karna biasanya daging ayam kampung yang sehat nutrisi pada tubuhnya akan cepat menjadi energi dan biasanya akan berubah menjadi otot karna aktifitas ayam tsb.



2.  Hal yang paling simple adalah bila anda melihat daging ayam kampung yang sudah dipotong lihat pada sisi warnanya,bila ayam kampung tsb putih warna ayam kampung akan terlihat putih segar ( berbeda dengan ayam kampung broiler yang agak kekuningan ). Hal ini menunjukan bahwa ayam kampung tsb memiliki daya tahan tubuh yang baik semasa hidupnya,dan warna putih tsb bisa ditandakan bahwa jarang ada lemak ditubuh ayam kampung tersebut.

3. Bila anda mendapatkan ayam kampung hitam,lihatlah pada pori pori tsb. Setelah dipotong dipori pori bekas bulu akan terlihat titik hitam. Titil titik tersebut menandakan ayam tersebut masih fresh ( baru dipotong pada -+ 10 jam ). Kenapa bisa seperti itu.? Karna gen pada ayam tsb berbeda dengan ayam kampung yang putih. Hal tsb menunjukan bahwa urat darah pada ayam tsb masih fresh jadi masih menimbulkan titik hitam kecil pada pori porinya.

4. Ingatlah sehitam ayam kampung yang dipotong, tetap warnanya akan putih,tetapi ayam kampung yang sehat setelah dipotong dan fresh bukan hanya bintik hitam dipori pori tetapi juga terlihat urat urat mereka disekitar paha akan telihat jelas biasanya (sekitar 3-5 cm). Ini menandakan juga bahwa ayam tsb masih fresh karna urat urat pada ayam tsb masih dalam keadaan tegang jadi menimbulkan warna yang agak cerah.

5. Lihat pada bagian kekencangan kulit ayam tsb,idealnya ayam kampung yang fresh kulitnya agak repot untuk dicubit. Ini menunjukan dari segi kulit masih sangat baik menyatu dengan bagian daging. Mengapa bisa seperti itu.? Karna lapisan kulit ayam kampung dengan ayam ternak berbeda kandungan tebal lemaknya.

6. Bila anda mendapatkan ayam kampung yang sudah dipotong,dam mencurigakan segera buka paruh ayam tsb,lihat dilangit langit mulut ayam tsb. Bila mana agak hitam patut dipertanyakan. Dan bila perlu dicium,bila baunya tidak enak segera buat bagian kepala agar bakterinya tidak merembat kebagian tubuh ayam tsb.


7. Patut dicurigai bila mendapatkan ayam kampung memiliki tulang yang patah dibagian yang rawan pada ayam ( selain di persendian,dan tulang dada ).
Hal ini mengindikasikan bahwa ayam tsb dipotong sesegera mungkin karna memiliki suatu penyakit dan mikroba serta penyakit ayam tsb biasanya membuat tulang ayam rawan patah dan pecah. Mengapa demikian.? Karna kerasnya tulang ayam kampung itu bisa 3x lipat keras ayam ternak. So patit diwaspadai.

8. Ayam kampung pada dasarnya sama dengan ayam ternak potong biasa,yang membedakan hanyalah gem mereka,jadi warna tulang dan bagian tubuh lainya akan sama tetap berwarna putih. Jadi jika mendapatkan bagian tulang dada berwarna hitam yang lumayan besar besarnya itu patut waspada dan berhati hati. Bila memang masih penasaran dan telanjur membeli bisa ditest dengan merebus lalu dicelupkan ke air dingin lalu diamkan disuhu temperatur ruangan,bila memang ayam tsb jelek dalam waktu 10 menit akan berlendir. Lendir itu adalah bakteri yang keluar pada ayam tsb yang sebelumnya mati karna air panas dan menyatu bersama lemak. Biasanya baunya agak anyir dan kurang enak.

9. Bila ibu ibu membeli dipasar dan masih mendapatkan full paruh pada ayam tersebut,perhatikan paruh tersebut. Semakin runcing paruh ayam akan semakin baik. Mengapa demikinian.? Itu menunjukan aktivitas ayam tersebut yang biasanya sangat aktiv untuk mencari makan pada masa hidupnya.

10. Yang jelas harga ayam kampung sedikit mahal bun dari harga ayam ternak lainya. Kalo dapat harga miring tapi dapat hal hal yang aneh patut diwaspadai karna segala jenis ayam memiliki bakteri yang paling berbahaya setelah daging dan ikan.
Jadi itu saja yang bisa saya bagikan..

Semoga bermanfaat..
Share This :