MASIGNCLEAN104

Review beberapa Breast Pump Electric dan Manual

Breast Pump atau Pompa ASI adalah alat bantu yang digunakan ketika bayi tidak bisa langsung menyusu langsung ke Ibu karena berbagai alasan. Terbagi menjadi 2 kategori yaitu manual dan elektrik.

Manual dioperasikan dengan tangan sedangkan elektrik bisa dioperasikan dengan listrik baik listrik PLN rumah maupun batterai.

Berikut ini saya akan mencoba mereview beberapa merek dan tipe breast pump yang saya gunakan seperti merek Nature breast pump, Medela breast pump Mini Elektrik, Medela Swing breas pump, Madela Swing Maxi breast pump, Spectra 9 S breast pump, Malish Life Style breast pump,  Malish Lllaria breast pump, Avent Confort Single breast pump.

1. Nature Breast Pump

Ini satu-satunya breast pump manual yang saya punya dan saya tidak pernah menggunakan breast pump manual lain, dan untuk breast pump manual saya kurang cocok. Kurang cocok dalam artian saya males, tidak mau capek. Jadi mama eping aja sudah capek, dan kuantitas pumping yang banyak. .

Breast Pump manual ini berguna untuk saya saat mati lampu, atau perjalanan yang tidak lama contohnya ke Mall atau pergi ke acara pesta. Jadi tidak ribet cari sumber listrik. Nah,

cara pakai breast pam manual yang saya lakukan :

Diawal pumping untuk mendapatkan LDR(Let Down Reflex) atau kunci semburan awal dengan cara menarik tuas pendek dan cepat (semoga paham maksudnya) selama 1-2 menit, LDR ditandai dengan adanya aliran ASI yang muncrat/mancur jika sudah dapat LDR maka tarik tuas dengan panjang dan agak lama.

Lanjutkan sampai ASI nya tidak keluar lagi. Lakukan tarikan pendek dan cepat kembali, biasanya LDR kedua butuh waktu 3-5 kalau sudah dapat LDR lakukan tarikan panjang dan lama lagi. Kalau pakai Breast Pump manual saat pumping saya bantu dengan memijat daerah PD untuk membantu mempercepat kosongnya PD. Menggunakan Breast Pump manual tidak perlu kasih batas waktu penggunaannya. Kalau saya rasa udah kosong saya stop tetapi biasanya antara 20 - 30 menit.


2. Medela Mini Elektrik Breast Pump



Ini electric breast pump pertama yang saya pakai dan saya punya, cocok gak sih? Diawal-awal lahiran sampai anak usia 2 bulanan ya cocok-cocok saja tidak ada masalah. Tetapi, ini sangat berisik ya (seperti suara mesin potong rumput) tapi dari merk medela memang ini harga yang dibilang lumayan murah. Saya stop pakai ini karena rusak, system nya belum closed jadi waktu malem pumping dan saya ngantuk alhasil ASI masuk kemesin. satu kali dan dua kali tidak masalah, sudah sudah keseringan jadi tidak menyala lg.

Medela breast Pump ini tidak memiliki phase massage hanya memiliki phase expression, jadi kalau saya pakai breast pump ini ya 15-20 menit pakai level tertinggi dihajar sampai PD kosong, baru pindah ke PD satu lagi. Sakit tidak?? tidak ya menurut saya, santai santai aja. Selama 2 bulanan pakai 1 kali saya alami lecet. breast pump ini juga saya bantu pijat PD selama pumping. kekurangan pumping ini hanya satu yaitu suaranya yang berisik.


3. Medela Swing Breast Pump



Ini electric breast pump favorit saya, kenapa? Karena cepat sekali untuk mengosongkan PD dan berkali-kali LDR(Let Down Reflex).

kekurangannya ini tidak closed system jadi ya hati-hati ASI masuk ke mesin. saya sangat suka madela swing ini.

medela swing breat Pump ini memiliki  2 phase, dengan cara pakai:
1 - 2 menit awal pakai phase massage, Dapat LDR.
Lanjut 5-7menit phase expression.
2-3menit phase massage, dapat LDR.
Lanjut 5 menit phase expression.
3-5menit phase massage, dpt LDR.
Lanjut 5 menit expression.

Total biasa sampe kosong bisa 15 - 20 menit. Kalau rasa PD belum kosong lanjutkan saja cara pakai diatas.

Baca Juga
Review Diapers Sweety Pant Gold, Merries Pants, Pampers Premium Care dan Pokana Pants

4. Medela swing maxi breast pump


Kalau tadi medela swing electric breast pump aku bilang suka dan bisa menjadi favorite tapi tidak dengan yang ini ya. Walau fitur nya lebih baik karena ini closed system dan bisa dual pump tapi menurut saya hasil tidak maksimal seperti medela swing. Ntah mengapa, saya pun kurang paham. .

Pumping patern atau cara menggunakannya sama ya dengan medela swing, perbedaan nya pengosongan PD pakai ini aku lebih lama. Waktunya bisa 25-30 menit. .

5 Spectra 9S breast pump


Selanjutnya merk spectra electric breast pump, nah keunggulannya ini dari medela ada information displaynya. Jadi level berapa kita pakai, sudah berapa lama kita pumping jelas terlihat informasi nya. Aku sih pakai spectra bisa dapat 3x LDR dengan waktu pumping 25-30 menit. hanya saja, tarikan spectra ini agak pedes ya kalau kata aku, soalnya 3 bulan pakai ini aku lecet sampai berdarah 3 kali. Sisa pumping kalau pakai level max PD terasa kebas.

Patern atau cara pakai nya:

Massage level 5 1 - 2 menit, dapat LDR.
Expression level 8 5 - 7 menit, habis.
Massage level 5 3 - 5 menit, dapat LDR.
Expression level 7/6 8 - 10 menit, habis.
Massage level 5 sampai dapat LDR.
Expression level 6, sampai habis.
Kalau memang kurang mantap bisa balik pakai expression level tinggi, kalau aku cara ini paling oke. Level 10 aku pake kalau kalau sedang terburu-buru.

5. Malish Life style


Aku kurang cocok pakai ini. Tarikannya kurang mantap. Saya lupa ini electric breast pump ada berapa level, tapi breast pump ini udh 2 phase. .

Patern nya:
Massage level maksimal, dapet LDR.
Expression level maksimal, habis.
Ulangi terus seperti itu

Saya tidak bisa memberikan patokan waktu, karena memang tarikan nya kurang cocok jadi kadang LDR bisa cepat bisa juga lama. .

6. Malish Lllaria




Malish ilaria electric breast pump ini menurutku sejajar dengan spectra 9S. Keunggulannya ini mesinnya ada dua ya jd heavy duty, kanan dan kiri bisa beda level. Selama pakai ini pernah mengalami lecet 1 kali, level maksimal agak sakit menurutku. .

Patern nya:

Massage level maksimal 2 menit, LDR.
Expression level 7/8 5 menit. Habis.
Massage level maksimal 5 menit, LDR.
Expression level 7/8 8 menit, habis.
Massage level maksimal sampai dpt LDR terakhir.
Expression sampai habis.

Saya tidak merubah level karena menurut saya level ini paling oke. tidak terlalu buat sakit. Dan hasil bisa maksimal.

7. Avent Confort Single


Nah ini yang sekarang lagi aku pakai, kenapa pakai ini? Karena dulu waktu mastitis pakai medela swing double lecet parah, sakit dan ASI malah tidak keluar. Terus coba punya temen, ternyata tidak sakit dan ASI juga jadi lumayan lancar keluarnya. Jadi jatuh hati sama breast pump ini. Ini breast pump memiliki dua phase massage satu level, expression tiga level. Ini electric breast pump cocok buat mommy dg puting besar. .

Patern nya:
Massage 2menit, LDR.
Expression 5menit level 2, habis.
Massage 5menit, LDR.
Expression 7menit, habis.
Massage sampai dpt LDR.
Expression level 3 sampai habis.
Kalau kurang, ulangi tahap diatas.

Beberapa breat pump yang saya review adalah saya sewa dari jasa sewa breast pump. jadi saya bisa review banyak breast pump.

semoga bermanfaat.
Share This :