MASIGNCLEAN104

Tips dan Trik Solder


Pembelajaran kali ini mengenai bagaimana menggunakan solder yang baik dan benar. dalam hal ini saya akan menunjukan kepada anda dan teknik untuk benar-benar solder, dari jenis solder dan fluks yang harus Anda gunakan untuk menyambung kabel bersama-sama untuk sambungan solder yang kuat.


Beberapa alat atau tools yang digunakan untuk mendapatan Hasil Solder yang baik



1. Helping Hand


helping hand ini berfungsi untuk membantu penggunaan tangan ketika mensolder kabel. jika mengalami kesulitan untuk memegang kedua kabel atau PCB bisa dibantu dengan Helping Hand ini untuk mempermudah pensolderan, tidak mudah goyang dan biasanya dilengkapi dengan kaca pembesar untuk memperbesar penglihatan yang akan di solder.



2. Rosin Paste Flux

berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder, Oksidasi pada kabel atau PCB yang akan di solder menyebabkan sambungan solder tidak menempel, atau dikenal dengan istilah cold joint dan untuk menghindari timah solder cair lengket dan tertarik oleh ujung alat solder, sehingga sambungan solder tidak rata dan berujung runcing.


3. Timah Solder.



Yang perlu diperhatikan baik-baik dalam pemilihan timah ini adalah kegunaan penyolderan pada timah tersebut. disini akan dibagin menjadi 3 jenis timah untuk mensolder.



Timah Solder
Jenis timah ini yang paling banyak atau sering digunakan untuk solder dikarenakan hasil dari solder yang cukup baik.

Timah Solder tanpa Mengandung timbal
ini sama halnya dengan timah solder tetapi bisa dibedakan timah solder ini dengan timah solder diatas adalah tidak mengkilap hasil solderannya.

jika kedua dibakar atau dipanaskan dan didinginkan maka hasilnya seperti gambar dibawah ini. Yang kiri adalah timah solder dan yang kanan timah tanpa timbal, 


Timah Metal Solder
Pada metal Work solder ini tidak digunakan untuk mensolder elektronik kabel dan PCB karena penggunaannya untuk menyambungkan yang berbahan pipa seperti las. Metal Wrok mengandung Acid corn tidak untuk digunakan pada kabel karena plastik atau lapisan pada kabel akan menjadi lapuk termakan korosi dari acid corn ini.


4. Solder

Solder ini hal yang paling penting karena mempengaruhi kualitas hasil solderan, disarankan untuk membeli solder yang bagus, bedasarkan pengalaman membeli solder yang murahan itu sangat tidak disarankan dikarenakan panas yang lama, bahan yang mudah berkarat, kabel tipis jika tersinggung dengan ujung solder akan terbuka. 




5. Tang Pengupas Kabel
lat ini hanya membantu mempermudah pengupasan kabel





berikut langkah-langkah mensolder

1. Langkah pertama mengupas kabel.

Mengupas kabel ini bisa menggunakan alat bantu seperti halnya Tang pengupas kabel seperti diatas atau menggunakan alat sederhana seperti pisau atau silet untuk mengupas kabel, yang diperhatikan adalah hasil potongan yang tidak rusak atau tembaga pada kabel tidak rontok banyak seperti halnya gambar dibawah ini.




2. Memasukan Pelindung Kabel(heat shrink)

Setelah kabel dikupas tahap selanjutnya memasukan Heat shrink atau karet pembungkus kabel, Heat shrink ini berfungsi melapisi bagian tembaga yang terkelupas lalu di solder maka untuk menutup bagian tembaga tersebut menggunakan heat shrink dengan cara dipanaskan, jika tidak memiliki heat shrink bisa menggunakan solatip. gunakan heat shrink sesuai ukuran kabel.





3. Menyambungkan Kabel


Setelah kabel dimasukkan heat shring maka tarik heat shrink jauh dari ujung salah satu kabel yang dikupas agar tidak terkena solder. Untuk menyambungkan kedua kabel memiliki teknik sendiri agar hasil kabel yang terhubung bagus dan kuat.












Alangkah lebih baik jika penyambungan kabel seperti gambar dibawah ini dengan cara serabut tembaka pada kedua kabel direnggangkan dan disatukan untuk saling mengisi. setalah didorong hingga mendekat dan cukup padat maka diputar atau di tekan untuk memadatkannya.




cara lain untuk menyambungkan adalah dengan mempilin kedua kabel tembaga yang terkelupas tersebut, lalu bentuk huruft X dan putar kedua kabel hingga terbentuk lilitan. 


Berikut adalah hasil kedua teknik lilitan  yang dilakukan 



4. Mensolder

Pada tahap ini jika kesulitan untuk memegang kabel maka bisa menggunakan helping hand seperti gambar dibawah ini. maka mensolder akan lebih mudah dilakukan.




sebelum mensolder kabel diberikan cairan flux untuk menghindari kabel dari oksidasi, timah akan menyeluruh menempel pada tembaga, serta tidak lengket pada solder. sebelum menempelkan timah dipanaskan terlebih dahulu agar flux mencair.

bersihkan dahulu kepala solder dari oksidasi dengan cara bersihkan dengan spons dahulu lalu bakar timah diujungnya lalu bersihkan kembali. dan siap digunakan untuk mensolder seperti gambar dibawah ini. 


5. merekatkan Heat shrink
Heat sring yang sebelumnya telah dimasukkan tarik kebagian solder hingga tertutup seluruh bagian tembaga yang tekelupas dan disolder. panaskan heat shrink tersebut dengan hot gun atau api kecil hingga menyusut dan mengetatkan pada bagian tersebut.


Untuk lebih memahami bisa dilihat video ini.

Share This :