MASIGNCLEAN104

Penurunan Berat Badan Pada Anak



Sebagian besar pandangan orang tua memiliki anak yang gemuk akan terlihat lucu dan menggemaskan. Dan saat ini trend tersebut sedang berkembang bahkan pada berita beberapa terakhir didunia ini kegemukan pada anak atau obesitas pada anak semakin banyak, kegemukan atau obesitas pada anak ini merupakan masalah serius.

Kelebihan berat badan pada masa kecil memungkinkan akan terbawa hingga dewasa, studi menunjukan kegemukan atau obesitas pada anak akan mempengaruhi anak-anak dari tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis yang berhubungan dengan obesitas lainnya. itulah mengapa pentingnya bertindak lebih awal untuk kehidupan dan kesehatan lebih baik di kehidupan dewasa pada anak tersebut.

Catatan yang harus diperhatikan: Anak-anak bukanlah orang dewasa yang dapat dengan mudah mengajarkan tentang penurunan berat badan. Harus mengambil pendekatan khusus dan aman bagi tubuh mereka. Langkah pertama adalah mengenali apa penyebab masalah dari kegemukan anak tersebut.

Beberapa orang berfikir kegemukan pada anak merupakan faktor keturunan. ini merupakan pernyataan pernyataan kontroversial untuk berapa banyak faktor keturunan yang sebenarnya menyumbang masalah berat badan ini. tetapi ini merupakan point penting :

Jika seorang anak membawa gen obesitas , faktor lingkungan lah yang utama, seperti gaya hidup, pola makan yang tinggi lemak yang dikonsumsi terus menerus. untuk itu sejak dini anak harus dibiasakan berlatih tentang makanan sehat dan hidup sehat.



Anak-anak yang mengalami kegemukan sekitar 70 persen masalah kegemukan ini disebabkan oleh lingkungan, baik dari lingkungan keluarga dengan gaya hidupnya dan makanan yang di konsumsi nya. sisanya sekitar 30 persen masalah kegemukan atau obesitas pada anak merupakan faktor keturunan. ini merupakan kabar baik bahwa orang tua dapat melakukan sesuatu terhadap masalah kegemukan pada anak.

Sebelum anda melakukan , anda harus mendapatkan saran dari dokter anak. Meskipun anda berpikir anak anda kelebihan berat badan dibandingkan teman-temannya yang seumuran, setiap anak memiliki metabolisme tubuh yang bervariasi. Untuk itu anda butuh pemeriksaan pada dokter anak untuk memberikan penilaian secara obyektif mengenai masalah kegemukan.

Jika anak memiliki kelebihan berat badan , tidak disarankan membatasi kalori sampai anak kehilangan berat badan, ini berpotensi berbahaya. untuk anak yang memiliki obesitas dibutuhkan rencana makan mulai dari makan rendah lemak, porsi makan, jam makan ngemilnya. ini bukan diet yang seperti diterapkan pada orang dewasa.

Kehilangan berat badan tidak harus menjadi tujuan untuk anak-anak yang mengalami obesitas. tujuannya hanya untuk menghentikan kenaikan berat badan. Jika berat badan stabil sementara ana masih tumbuh, masalah obesitas tidak terlalu masalah karena dia akan tumbuh dari obesitasnya. ( Untuk Anak perempuan akan tumbuh sampai umur mereka 16 tahun, anak laki-laki sampai mereka 19 tahun).

Rencana Makanan yang diasup bukanlah hal yang paling penting, Nomor satu penyebab obesitas dikarenakan gaya hidup. ini disebabkan anak-anak melihat kebiasaan dari orang dewasa yang hanya disofa dan makan cemilan. Prioritasnya adalah ajak anak anda untuk beraktifitas lebih banyak.

Banyak kasus, ketika seorang anak kelebihan berat badan, seluruh keluarga juga membuat perubahan. pengaruh terbesar pada kesehatan anak adalah orang tuanya. Anak-anak belajar apa yang mereka lihat. buat lah resolusi melakukan kegiatan olahraga bersama-sama setiap minggu, jalan-jalan ke kebun binatang dengan aktifitas jalan yang menyenangkan bagi anak. 
Dalam hal makan, hal yang pertama yang perlu anda lakukan adalah melihat kedalam kulkas, meihat lemari dapur. apakah anda membeli dn menyiapkan makanan yang rendah lemak dan tinggi serat ? sembunyikan makanan seperti keripik, permen, dan es krim.

buat aturan baru dengan memindahkan fokus terhadap makan. saat berkumpul dengan keluarga atau bermain game bersama atau sedang berbicara tidak  boleh ada kegiatan makan baik itu makan berat atau makanan kecil. kegiatan makan hanya dilakukan di ruang makan saja. hal ini harus dipatuhi oleh semua anggota keluarga.

Perhtikan Jajanan anak di sekolah atau makanan yang disekolahnya konsultasikan dengan gurunya mengingat sang anak sedang melakukan treatment bahwa sedang melakukan treatment obesitas.

harus berhati-hati dalam fokus berat badan anak, akan menyebabkan gangguan makan jika terlalu di paksakan akan memunculkan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia. untuk itulah mengapa sangat penting bahwa anda tidak menggunakan makanan sebagai hadiah atau hukuman . Itu merupakan strategi yang berbahaya yang dapat menyebabkan anak-anak mencari kenyamana dalam makanan. 


Jika masalah berat badan anak terus meningkat, kedua orang tua dan anak mungkin membutuhkan konseling secara terpisah. Anda perlu belajar sesuatu hal yang beda dimana orang tua harus belajar bagaimana mendorong kebiasaan yang baik tanpa harus mengomel atau tidak sabar. Jika kedua orang tua bekerja, maka anda harus belajar bagaimana menyiapkan makanan yang terjadwal.

Anak-anak perlu belajar kebiasaan makanan yang baru dan menikmati aktifitas fisik. Tapi ingat : setiap program untuk anak-anak Obesitas dan keluarga mereka harus fokus pada prilku yang tepat dengan makanan sehat , tidak mengubahnya menjadi diet.

Untuk menurunkan berat badan anak, pastikan kenaikan berat badan anak terhenti dengan penerapan sebelumnya yang dilakukan dan seluruh keluarga telah melakukan hal yang sama yaitu dengan makan makanan yang sehat. jika ingin mengurangi berat badan anak dengan cara aman maka diperlukan konsultasi ke dokter. 

Penemuan terbaru menjelaskan bahwa gaya hidup yang nyaman atau berdiam diri tanpa aktifitas akan membuat tubuh menimbulkan penyakit. Tubuh memerlukan gerak, seperti halnya air jika didiamkan atau diendapkan akan menimbulkan bau. Gaya hidup saat ini telah menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti masalah jantung, diabetes, dan hipertensi.

Mulai sekarang kita harus melakukan perubahan dari diri sendiri hingga keluarga, melakuakan olahraga, diet seimbang, tidur yang nyenyak dan pikiran yang positif semua itu berguna untuk menyingkirkan masalah kesehatan. 

Hidup adalah keseimbangan antar apa yang kita bisa dan apa yang kita tidak bisa. belajar untuk hidup antara usaha dan menyerah. 




Share This :